Monday, June 6, 2016

Ramadan Kareem, 1437 H. #01 : Positive Activities

Mengawali Ramadan kali ini saya terbangun di waktu yang tidak semestinya, rencananya hari ini pengen istirahat hingga menjelang siang untuk menghemat energi hingga sore nanti, namun apalah daya ketika waktu sudah tak lagi memberi peluang untuk terlelap lebih lama lagi. Padahal baru sekitar dua sampai tiga jam-an yang lalu saya baru terlelap, setelah sebelumnya sempat begadang menunggu waktu sahur dan shalat subuh.

Tapi tidak apa-apa. Bukan lantas itu semua menjadi masalah, paling tidak dengan begini saya dituntut untuk belajar memaksimalkan waktu untuk kegiatan-kegiatan positif. Baiklah, untuk mengisi kekosongan di awal Ramadan ini, setidaknya pagi ini saya ingin bercerita tentang beberapa hal berkenaan dengan segala rutinitas yang saya jalani selama masa pengasingan di kota ini.


Pagi ini seketika saya teringat pada ramadan-ramadan yang telah lalu, dulu ketika ramadan tiba saya mempunyai kebiasaan menulis status setiap harinya di halaman Facebook. Sebuah status-status ringan dan boleh dikatakan sama sekali tidak penting, berkenaan dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan hidup dan kehidupan pribadi saya. sekali lagi gak penting emang, tapi setidaknya itu adalah catatan sejarah bagi saya tentang segala sesuatu yang berkenaan dengan perjalanan panjang yang sedang saya jalani ini. Nah, pada Ramadan kali ini ada rencana ingin mengulangi kebiasaan kecil tersebut walaupun mungkin  nantinya tidak setiap harinya dapat menuliskan updatan status. Selain di laman facebook saya berencana menulis tulisan di Blog pribadi ini secara berkala dalam sebulan ini. walau mungkin nantinya isi tulisannya jauh dari esensi Ramadan atau hal-hal yang berkenaan dengan Ramadan.

Selain kegitan tak penting ini sebenarnya sebelumnya saya sudah merencanakan sebuah kegiatan pribadi yang berkenaan dengan hobi atau pun aktivitas yang sedang saya geluti saat ini. salah satunya ada proyek terjemahan naskah yang beberapa waktu lalu ditawarkan oleh salah satu dosen di kampus, selain tentunya ngumpulin bahan-bahan tugas untuk ujian setelah Ramadan nanti. Dengan segala kegiatan yang ada ini semoga saja saya bisa istikamah.

Dan, kalaupun tidak bisa beribadah dengan sempurna selama ramadan ini, setidaknya saya ingin mengisi bulan penuh berkah ini dengan kegiatan positif, yang barangkali saja bisa dicatat sebagai ibadah oleh sang Maha Penggenggam kalbu..

RAMADAN KAREEM, SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1437 H.


Semaki, 01 Ramadan 1437 H./06 Juni 2016 M.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda..^_^