Monday, November 9, 2015

Pulkam

Awal November yang cukup melelahkan. Selama dua minggu harus menjalani rutinitas “peras otak” atau yang biasa mereka sebut dengan sebuah Ujian Tidak Serius. Ya, dunia baru ini mengharuskan saya menjalani rutinitas ini dengan segenap kemampuan saya yang apa adanya, dan sebagai pendatang baru di kota ini dan terlebih khusus lagi di institusi ini, hal ini menjadi dunia baru yang harus saya selami untuk beberapa waktu ke depan.

Setelah dua minggu berkutat dengan kegiatan otak ini, sementara saya ingin terlepas dari segala rutinitas ini, untuk itu sejak jauh hari sebenarnya saya sudah merencanakan untuk melepaskan diri sementara dari rutinitas akademik yang cukup melelahkan ini. Dan saya memilih untuk pulang ke kampung halaman, karena ada beberapa berkas yang harus saya ambil di rumah. Oh iya, tanpa terasa ternyata sudah tiga bulan saya berada di kota ini pasca kepulangan saya dari “negeri” nun jauh di Afrika sana. Dan ini akan menjadi kepulangan saya yang pertama sejak kepergiaanku, terhitung sejak kepulangan saya dari negeri antah berantah di benua afrika sana.

Senang, itu yang saya rasakan ketika saya sampai di tanah kelahiran, di sana kedatangan  saya disambut dengan turunnya rinai-rinai hujan yang telah lama kami rindukan. Hujan pertama setelah begitu lama tanah kami kekeringan. Harum semerbak tanah yang baru pertama kali menerima terpaan hujan begitu ketara tercium di cuping hidung saya. Sesampai di rumah saya juga mendapati paket buku dari negeri nun jauh di sana, yang saya kirimkan sejak tiga bulan lalu telah sampai dengan selamat di kediaman saya. Sembilan kardus ukuran jumbo bertumpuk di emperan rumah saya, entah berapa banyak tepatnya buku-buku yang ada di dalam 9 kardus berukuran jumbo itu, saya tidak pernah menghitungnya. Yang jelas cukup untuk menuh-menuhin seluruh lemari yang ada di rumah. J

Selanjutnya target saya beberapa tahun ke depan, selama keberadaan saya di kota ini, saya ingin mengumpulkan sebanyak-banyaknya buku-buku dari berbagai literatur yang dapat saya temukan di kota ini. Saat ini di tempat tinggal saya sudah ada beberapa buku yang sempat beli di book fair campus beberapa waktu lalu. Semoga ini menjadi langkah awal dalam proyek perpustakaan masa depan saya.


Semaki Kulon, 09112015

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda..^_^