Sunday, June 29, 2014

Catatan Ramadan; Hilang

Seperti masih kemaren saya menjalankan ibadah puasa di kampung halaman. Dan tanpa terasa kini saya sudah kembali menapaki bulan penuh berkah ini.  Waktu berlalu demikian cepat. Yah, tanpa terasa pula masa keberadaan saya di negeri ini kembali bertambah. 

Seperti baru dilahirkan kemarin sore dan esok harinya tahu-tahu saya sudah berdiri di sini, di dalam dunia saya sendiri yang belum sepenuhnya saya pahami. Dan kali ini, untuk kesekian kalinya saya kembali melihat “cermin” itu. Refleksi sebuah bayangan tergambar buram dalam balutan jubah hitam yang sudah blangkotan. Menakutkan! 

Dari waktu ke waktu. Dari masa ke masa. Hidup terus bergerak dinamis seiring dengan berputarnya waktu. Lalu apa yang telah kamu temukan sepanjang perjalanan ini? Betapa menyesakkan! Ketika mendapati diri sejujurnya belum menemukan apa-apa dalam dunia yang serba abu-abu ini. Barangkali benar, saya terlalu buta untuk melihat segala bentuk perjuangan, usaha, dan keberanian yang mereka miliki. Bukankah di balik jubah kenyataan masih ada satu bentuk abstrak lain yang jarang kita perhitungkan; Harapan! 

Ah, semoga diri ini tidak benar-benar selamanya hilang dari peredaran.

Selamat Menunaikan Ibada Puasa.

Cairo, 1 Ramadan 1435 H.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda..^_^