Wednesday, January 22, 2014

Cairo Book Fair 2014

Hari ini adalah hari pertama Cairo International Book Fair 2014. Perhelatan akbar pasar buku terbesar ke-dua di Dunia ini akan dibuka pada jam 02:00 oleh para petinggi dari pemerintah Mesir. Sayang acara seremonial pembukaan ini sepertinya tidak dibuka untuk umum, karena  menurut informasi yang saya dapat lokasi Book Fair baru akan dibuka untuk umum satu jam setelahnya, yaitu pada jam 03:00 waktu Cairo.

Matahari bersinar redup, jam 03:05 Waktu Cairo. Saya baru saja sampai di lokasi Book Fair, setelah setengah jam sebelumnya  terantuk-antuk di dalam angkutan  El-Tramco yang saya tumpangi dari kawasan tempat tinggal saya, District 10. Jarak antara District 10 dan lokasi Book Fair memang cukup jauh, bisa menghabiskan waktu sekitar setengah jam atau lebih. Namun itu tidak menyurutkan semangat saya hari ini untuk datang ke lokasi Book Fair .



Sejak semalam saya memang sudah berencana datang pada hari pertama ini, untuk itu saya pun berusaha datang tepat waktu siang tadi, tapi sayangnya sesampai di lokasi ternyata gerbang tempat dihelatnya pameran buku ini masih belum dibuka, bahkan loket tempat pembelian tiket pun masih belum ada penjaganya, sementara para pengunjung sudah berjubel memenuhi  area sekitar pintu gerbang dan loket tempat pembelian tiket.

Tapi tak mengapa, karena hanya beberapa saat saja saya menunggu, setelah itu loket dan pintu gerbang pun dibuka, dan saya pun berhasil masuk walau sempat terjadi insiden desak-desakan saat memasuki pintu gerbang tadi. Ternyata pada hari pertama ini masih banyak juga stan-stan yang masih belum siap. Masih banyak juga penerbit-penerbit yang masih berbenah menyiapkan rak dan menata koleksi buku-bukunya di stan masing-masing.



Sesampai di bagian dalam areal Book Fair saya langsung menuju ke lokasi penerbit “The General Egyptian Book Organization” atau oleh kawan-kawan biasa disebut “Hay Ammah”, salah satu penerbit yang sesuai dengan isi kantong saya, karena penerbit ini terkenal dengan buku-buku murahnya.  Yah, hari ini saya hanya memasuki satu penerbit ini saja, karena terbatasnya finansial saya saat ini.  Ah, tapi tak apalah, masih banyak waktu, masih tinggal dua minggu lagi Book Fair ini akan berakhir. Semoga saja dalam kurun waktu ini juga saya dapat banyak rejeki agar bisa mengunjunginya tiap hari. Amien Ya Rab!

Hm.. Cukup menyenagkan juga hari ini, walau dengkul serasa mau copot karena kelamaan berdiri, dan ketika pulang dari lokasi book Fair tadi saya kehilangan uang 20 le. Lumayan juga sih, itu biasa dapet satu buku kalau di bawa ke Azbakiyah.  Ya sudahlah, barangkali memang bukan rijeki saya, semoga aja diganti dengan uang yang lebih banyak. Amien lagee...:D

Cairo, 22 Januari 2014 M.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda..^_^