Thursday, October 20, 2011

Hang Out Bersama SAPi

Para Anggota SAPi
Selasa, 20 Oktober 2011 M. Kembali Sanggar Piramida (SAPi) melaksanakan acara rutinnya, yaitu bedah karya. Bedah karya kali ini diadakan di Nelo Meter, sebuah tempat wisata di pinggiran sungai Nil yang berada di daerah Raudlah. Sebenarnya sudah dua kali aku pergi ke tempat ini. Pertama, sebelum bulan puasa beberapa waktu yang lalu, bersama kawan-kawan Kupretist Du Cairo. Dan yang kedua adalah kali ini bersama kawan-kawan Sanggar Piramida.

Nelo meter adalah sebuah bangunan menyerupai menara atau mercusuar, dan memiliki ruang bawah tanah. Tentang kapan dan siapa yang membanguntempat ini, aku masih belum begitu tahu banyak sejarah berdirinya tempat ini. Yang kutahu konon tempat ini digunakan untuk mengukur kedalaman sungai nile. Sayangnya saat ini tempat itu sudah tidak dapat berfungsi lagi. Namun di sekitarnya kini dibangun taman dan dijadikan object wisata menarik di pinggiran sungai nile.

Di dalam kawasan Nelo Meter ini juga terdapat sebuah museum. Museum Umi kulsum atau Mathaf Umm Kultum. Sebuah museum yang dibangun khusus untuk mengenang mendiang penyanyi legendaris Mesir, Umi Kulsum. Umi kulsum atau yang bernama asli Umm Kulthum Ebrahim Elbeltagi ini, adalah seorang actris, penyanyi dan pengarang lagu. Dia dilahirkan di desa Amay Ez-Zahayra, Mesir. Pada tanggal 31 desember 1898 dan meninggal pada tanggal 3 februari 1975. Semasa hidupnya ia sangat terkenal dengan lagu-lagunya di seantero Tanah Arab, bahkan ia pun sering diundang untuk konser ke manca negara. Hingga ia pun sempat di juluki sebagai “Bintang Timur“ atau Kaukab El-Sharq.
No Caption

Photo² kenangan Umi Kulsum
Mengunjungi museum ini kita akan diajak untuk mengenal lebih dekat sosok Umi Kulsum, karena di dalamnya kita akan menjumpai barang-barang pribadi sang legendaris, yang hingga saat ini masih utuh terawat rapi  di dalam museum. Seperti foto-foto kenangan, Acecories, Diary pribadi, kostum  yang sering ia kenakan ketika konser, piringan hitam, dan lain-lain. Di dalam museum juga terdapat sebuah bioskop mini, yang disediakan bagi yang berhasrat menonton video-video kenangan, video klip, dan segala video yang berhubungan dengan sang legendaries.

Yah, begitulah sekelumit kisah tentang penyanyi legendari Mesir Umi kulsum. Aku cukup bersyukur bisa mengikuti kegiatan Saggar Piramida kemaren. Aku jadi bisa lebih lapang, setelah beberapa hari sebelumnya aku diliputi galau tanpa ujung. Hilang sejenak dari persoalan-persoalan hidup  yang cukup memelikkan. Banyak pengetahuan-pengetahuan baru yang aku dapat dari teman-teman anggota Sanggar. Terima kasih kawan-kawan SAPi...^_^

Bumi Kinanah, 20 Oktober 2011 M.
NB : Photo lengkapnya bisa dilihat di sini

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda..^_^